Senin, 14 November 2016

Contoh Tugas Kuliah Studi Kelayakan Bisnis



BAB I
PENDAHULUAN

ROCKET FRIED CHICKEN adalah Perusahaan Waralaba/Franchise yang bergerak di Bidang Fast Food Restaurant, dengan produk unggulan, fried chicken, Burger, Steak dan berbagai jenis makanan dari bahan dasar ayam. Dengan konsep menyajikan makanan yang sehat, berkualitas,halal,dengan cita rasa yang khas, harga terjangkau bagi semua kalangan masyarakat yang diolah dangan bumbu pilihan.
Rocket Fried Chicken™ (RFC™) pertama kali didirikan di Bandung pada tanggal 9-9-2009 oleh Bhakti Desta Alamsyah, Irman Kustiadi, serta Rebecca Indyani telah terbukti menjadi perusahaan waralaba kuliner ayam goreng yang terkemuka di Indonesia dengan mendapat gelar sebagai “The Fastest Growing Franchise Fried Chicken Resto 2011” dari Majalah Info Franchise dan terbukti berkembang terus hingga kini telah 115 store di seluruh Indonesia, tersebar dari pulau terluar di Indonesia yaitu Natuna kemudian provinsi terujung Aceh, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi Nusa Tenggara hingga pulau Buru Maluku.
sesuai perkembangan dan banyaknya permintaan Rocket Fried Chicken membuka kesempatan bagi pengusaha-pengusaha baru dengan modal yang terjangkau untuk memiliki suatu usaha bidang makanan yang dapat dikelola oleh perorangan atau berbadan hukum dengan system kemitraan atau Franchise.
Dalam rangka pengembangan bisnisnya, Rocket Fried Chicken™ membuka peluang kemitraan waralaba (franchise) resto fried chicken karya 100% Indonesia bercitarasa dunia yang menyajikan fried chicken ala American, Korean, Japanese, Chinese bahkan Taiwan disajikan dengan minuman ringan, juice, bubble, coffee, tea & ice cream / blended. Investasi terjangkau dengan profit 30%. Info: CV.Rocket Fried Chicken, GATEWAY Tower SC.GF-03 Jl.Jendral Ahmad Yani No.669 Bandung 40125, WA:087824588881 BB:27792999E:rfc_indonesia@rocketmail.comT:@RFC_ INDONESIA W:http://www.rocketfriedchicken.co.id
Dengan membidik pangsa pasar seluruh kalangan lapisan masyarakat sehingga bisa didirikan hingga ke daerah-daerah dengan didukung system Manajemen yang telah teruji menjadikan Rocket Fried Chicken sebagai usaha yang mempunyai Brand Awarnes tinggi, prospektif, dan marketable.















BAB II
RINGKASAN PROYEK

  1. Profil Usaha
1.      Nama Perusahaan
a.       Nama Perusahaan                           :           ROCKET FRIED CHICKEN (RFC™)
       PT. Bandung Era Sentra Talenta
b.      Logo perusahaan                             :          
c.       Contact Us                                     :           E-mail  : best.waralaba@gmail.com
                    http://www.best-waralaba.web.id
                    http://www.best-waralaba.com
       No. Hp :  (022) 733.2147
       Pin BBM:2B175D33
d.      Alamat Kantor Pusat                      :           GATEWAY Tower SC.GF-03 Jl.Jendral 
                                                                        Ahmad Yani No.669 Bandung 40125
e.       Bidang Usaha/Kategori Produk       :           Food & Bavarage
f.       Sifat Usaha/Line Of Business  :           Fast Food Restaurant

2.      Nama Pemilik Perushaan
a.       Nama Pemilik                          :           Bhakti Desta Alamsyah
b.      Contact Us                               :           E-mail  : bhakti.alamsyah@gmail.co.id
  bhakti.alamsyah@facebook.com
No. Hp : 08122488881
08989088881
087824588881
c.       Alamat Pemilik                                    :           Gateway Tower, SC.GF-03 Jl. Jendral Ahmad Yani
669, Bandung, Indonesia.
3.      Gambaran Singkat Proyek
Rocket Fried Chicken™ (RFC™) adalah perusahaan chicken resto 100% asli Indonesia, dengan filosofi bisnis “Lezat Melesat” ditandai icon “roket” dengan dominasi warna “merah” pada logo brand-nya. Bernaung di bawah PT. BEST (Bandung Era Sentra Talenta) yang bergerak dibidang business dan melayani kebutuhan industri makanan di Indonesia.
Rocket Fried Chicken™ (RFC™) memiliki USP dan startegi baru resto. Memadukan aneka sajian daging ayam serta variasi olahan berkualitas dengan kerenyahan yang khas serta rasa dan aroma yang mengundang selera. Harga yang kompetitif dengan kombinasi citarasa barat dan timur (french fries – sandwich – sausages dan nasi goreng – mie – dsb). Disertai aneka minuman shake dan soft drink, fasilitas free wifi hotspot dan TV cable, program promosi yang menarik serta pelayanan prima yang mengutamakan kenyamanan pada konsumennya.
Rocket Fried Chicken™ (RFC™)  merupakan bisnis yang mengandalkan jasa. Sehingga sangat penting untuk berorientasi pada kepuasaan pelanggan. Mendapatkan pelanggan yang loyal merupakan suatu keberhasilan bagi bisnis ini. Fundamental dari bisnis RFC IndonesiaTM  secara professional tertuju pada jasa yang diberikan, target customer, franchisee, dan nilai investasi.
Rocket Fried Chicken™ (RFC™) didirikan di Bandung pada tanggal 9 bulan 9 tahun 2009 oleh Bhakti Desta Alamsyah, Rebecca Indyani serta Irman Kustiadidengan Visi dan Misi menjadi perusahaan waralaba kuliner ayam goreng yang terkemuka di Indonesia yang menyajikan 100% karya kuliner Indonesia dengan citarasa mendunia memiliki slogan usaha RFC Lezat Melezat.
RFC™ INDONESIA, menawarkan peluang kemitraan (franchisee) resto fried chicken yang menyajikan fried chicken, french fries, burger, hotdog, spaghetti hingga steak disajikan dengan minuman ringan, juice & iced blended. Investasi ringan dengan profit istimewa.
a.    Visi dan Misi Rocket Fried Chicken IndonesiaTM sebagai perusahaan Chicken Resto asli Indonesia adalah sebagai berikut:
1)      menjadi perusahaan waralaba kuliner ayam goreng yang terkemuka di Indonesia yang menyajikan 100% karya kuliner Indonesia dengan citarasa mendunia memiliki slogan usaha RFC Lezat Melezat.
2)      Company
Menguntungkan investor.
3)      Employee
Peningkatan kemampuan serta lelang jenjang karir untukpara karyawan.
Memberi wahana berkumpul dan kegiatan yang nyaman.
4)      Development
Mengembangkan RFC Indonesia TM    sebagai franchise yang maju
5)      Brand Awareness
Menambah outlet dan men ingkatkan imagesnya
6)      Service Excelent
Menjadi yang terbaik dalam pelayanan jasa bidang ayam dan restoran.
b.    Keunggulan
Rocket Fried Chicken IndonesiaTM memberikan nilai lebih dalam rangka peningkatan kualitas bisnis, berikut diantaranya:
1)      Pelayanan prima dan sajian ayam kualitas terbaik dengan harga sangat terjangkau.
2)      Program promosi dan indoor games yang menarik.
3)      Sajian makanan yang bervariasi dengan kombinasi western dan eastern.
4)      Free wifi hortspot serta saluran cable TV.
c.    Faktor Pendukung
1)      Memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen.
2)      Kualitas komunikasi dalam menjalin hubungan dengan konsumen
3)      Beragam variasi menu dan produk Yng ditawarkan pada konsumen.
4)      Menjadi yang terbaik dalam layanan dan produk fried chicken sejenis.
d.    Benefit
1)      Kontrak kerjasama franchise RFC INDONESIATM dengan pengesahan Notaris.
2)      Berhak menggunakan mererk RFC INDONESIATM selama 5 tahun.
3)      Standard Operational Procedure (SOP) RFC INDONESIATM .
4)      Quality control dan maintenance.
5)      Peralatan outlet.
6)      Paket promosi.
7)      Bahan baku operasional awal.
8)      Seragam RFC INDONESIATM .
9)      Design interior RFC INDONESIATM.
10)  Training teknis masak, pelayanan, penjualan, promosi, adminitrasi dan pembukuan.
11)  Pendampingan pada saat operasional awal selama 1 (satu) bulan.
e.    Keahlian
1)      Keahlian chef/koki/juru masak RFC INDONESIATM mampu menyajikan bermacam-macam olahan ayam yang lezaat dan menarik.
2)      Kombinasi makanan terbaik dari timur dan barat dari ayam goreng hingga french fries.
3)      Sajian menu-menu bervariasi (dijelaskan pada bab aspek teknis produksi/operasi)
4)      Suasana cafe yang nyaman dan akrab, diciptakan oleh service crew.
5)      Layanan function untuk gathering, birthday dan meeting disediakan bagi kebutuham pengunjung







BAB III
ORGANISASI DAN MANAJEMEN

  1. Organisasi
1.         Legalitas Usaha
a.       Bentuk/Badan Hukum Usaha
1)      Business Plan, BEP & ROI
2)      Proteksi Lokasi Franchisee
3)      Legalisasi MOU Notaris
4)      Sertifikasi Franchisee
5)      CD SOP & Design
6)      Franchisee name card, Owner ID Card
b.      Perizinan Usaha
1)      Sertifikasi halal :
·         Pengisian formulir
·         Lampiran kandungan mutu produk
·         Suat pernyataan menerima tim pemeriksa (audit)
2)      Legalisasi MOU Akte Notaris
3)      Sertifikasi HAKI Franchise
4)      Hak Penggunaan SOP
5)      Hak Penggunaan Design
6)      Surat tanda pendaftaran waralaba
7)      STPW
2.         Struktur Organisasi
a.       Komisaris Utama        : Bhakti Desta Alamsyah
b.      Komisaris                   : Irman Kustiadi                                   
                                                Rebecca Ayu Indyani
c.       Direktur Utama           : Derry Arief Muslim S.Sn
d.      Wakil Direktur                        : Andy Subarkah S.Sn
e.       Manager Marcomm     : Reno Syahdin S.Kom
f.       Master Trainer                        : Diki Nata (Chef)
g.       Arsitek & Interior       : Firmansyah ST
h.      Graphic Designer        : Yanarto & Yudha
i.        Notaris                                    : Maureen Isabelina Mualim, SH, M.Hum,                  
j.        Kuasa Hukum             : Freddy Panggabean, SH
k.      Manager Logistik        : Andy Subarkah
l.        Manager Marcomm     : Reno Syahdin
m.    Manager Promo          : Indra Banyu
n.      Manager Project          : Tubagus Adji
  1. Manajemen
Usaha ini di jalankan disekitar lingkungan yang mudah di kunjungi oleh masyarakat yaitu berlokasikan di pasar tradisional, pinggiran jalan, dan tempat-tempat strategis lainnya. Usaha ini menggunakan 3 orang tenaga kerja bantuan (karyawan) 2 diantaranya sebagaipembuat masakan, 1 orang lagi sebagai menghidangkan dan pembersih meja, sedangkan 1 orang lainnya untuk pembersih seperti menyapu, mengepel dan bersih-bersih piring dan gelas.
Oval: Manajer LogistikOval: Manager PromoPelayanan yang disediakan bisa datang secara langsung, menelephone ataupun melalui via online, karena makmur konveksi juga menggunakan pelayanan melalui dunia maya atau internet dengan cara pembayaran yaitu via transfer dan barang via jasa pengiriman.
1.         Oval: Manajer ProjectOval: KomitarisStruktur organisasi di Rocket Fried Chicken:


 















2.         Tugas Organisasi Rocket Fried Chicken
a.         Komisaris Utama
Melakukan pengawasan secara umum dan/atau khusus sesuai dengan anggaran dasar serta memberi nasihat kepada Direksi.

b.        Komisaris
Komisaris wajib melakukan pengawasan terhadap kebijakan Direksi dalam menjalankan Rocket Fried Chicken serta memberi nasihat keapada Direksi. Fungsi pengawasan dapat dilakukan oleh masing-masing Anggota Komisaris namun keputusan pemberian nasihat dilakukan atas nama Komisaris secara Kolektif (sebagai Board).
c.         Direktur Utama
Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan-kegiatan dibidang administrasi keuangan, kepegawaian dan kesekretariatan. Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan pengadaan dan peralatan perlengkapan. Merencanakan dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan serta pembelanjaan dan kekayaan Rocket Fried Chicken.
d.        Wakil Direktur Utama
Membantudirekturdalampembinaandisiplinpegawai, Memimpinmobilisasipegawaidalampelaksanaankegiatanumum yang menyangkutkebersihan, kerapianareal danperawatan/ perbaikaninstalasiusaha,mengkoordinasimanajer-manajerbidangdalammenjalankanfungsinya.mengkoordinasimanajerpengkaderandalampeningkatankualitasdankuantitasanggota,membantudirekturdalammenjalankantugas-tugasnya.

e.         Manajer
Manajer harusmembina bawahannya agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.Manajer harus membenahi fungsi-fungsi fundamental manajemen secara baik.Manajer harus mewakili dan membina hubungan yang harmonis dengan pihak luar.
f.         Arsitek & Interior
Menata letak bangunan-bangunan yang memiliki keterikatan fungsi dalam sebuah site dan mendesain site tersebut.Mengolah tata ruang sebuah bangunan. Menentukan konsep desain interior sebuah bangunan (termasuk perletakan furniturenya, dll).
g.         Graphic Designer
Menjadi pemecah masalah (problem solver) untuk kebutuhan komunikasi dalam bentuk visual. Misal ada sebuah proyek untuk membuat poster sebuah restoran ayam panggang. Si klien menginginkan produknya tampak menarik, enak dan mengundang selera. Desainer grafis bertanggung jawab untuk mewujudkan komunikasi verbal tersebut menjadi sebuah karya komunikasi visual agar pesan tersebut lebih mudah diterima konsumen dan tentu saja mencitrakan rasa enak, lezat dari produk restoran tersebut.
h.        Master Trainer

Keterampilanmenganalisiskebutuhan, keahliandalambidang yang dilatihkan, keahlianmembangun personal branding, keahlianpresentasidanpublic speaking, keahliandalambepikirkreatifdaninovatif.

i.          Marketing
Bertugas untuk menentukan barang atau produk apa yang akan dijual, menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas dan kuantitas barang, menentukan barang tersebut akan dijual kesegmen pasar ang bagaimana, dan menentukan media promosi apa yang digunakan yang mampu menarik minat konsumen.
j.          Supervisor
Menyampaikan kebijakan yang disampaikan oleh jabatan di atasnya kepada seluruh bawahan dan groupnya, mengatur kelompok kerja pada grup yang dipegangnya, memberikan tugas pada subordinatenya, melaksanakantugas, proyek, danpekerjaansecaralangsungmemberikan training pada subordinate
k.        Crew/Karyawan
Untukmelaksanakantugasdariatasan, orang yang melayanipelanggan, orang yang membersihkantoko franchise, menyapu, mengepel, mencucipiringdangelas





























BAB IV
ASPEK PEMASARAN

  1. Deskripsi/Gambaran Rocket Fried Chicken
1.      Wilayah/Daerah Pemasaran
a.       GATEWAY Tower & Apartement SC.GF-06, Jl Jend Ahmad Yani No.669, Bandung 40282
b.      Aceh                                                                            m.  Bekasi
c.       Bandung                                                                      n.   Pemalang
d.      Batam                                                                          o.   Jakarta
e.       Bima                                                                            p.  Kendal
f.       Blora                                                                            q.   Solo
g.       Bogor                                                                           r.  Klaten 
h.      Ungaran                                                                       s.   Semarang
i.        Brebes                                                                                     t.    Medan
j.        Cianjur                                                                         u.   Surabaya
k.      Cirebon Cibitung Cilacap                                             v.   Malang
l.        Tanggerang                                                                  w.   Bekasi
2.      Nama Produk yang dipasarkan
3.      SistemSaluranDistribusi di wilayahpemasaran

a.       Promosi
Dalam bisnis ini, langkah awal pemasarannya adalah dengan membuatPromosi Outdoor & Indoor : Fasade, Neonbox, Pool, Menu, Spanduk, Brosur, Poster, Wall Paper, Frame Stickerbrosur-brosur yang disertakan kontak person dan disebarkan kesekolahsekolah dan tempat umum lainnya, selain itu untuk promosi kami sediakan 1 buah jenis barang pada setiap lokalisasi yang kami sebarkan brosur (info tentang produk).
Pendapatan Sales RFC™
1)      RFC™ type 50
Seat capasity 20kursi X 10 jam X Rp.10.000 = Rp.2.000.000 X 50% = Rp.1.000.000/hr
2)      RFC™ type 80
Seat capasity 40 kursi X 10 jam X Rp.10.000 = Rp.4.000.000 X 50% = Rp.2.000.000/hr
3)      RFC™ type 140
Seat capasity60 kursi X 10 jam X Rp.10.000 = Rp.6.000.000 X 50% = Rp.3.000.000/hr















BAB V
ASPEK TEKNIS PRODUKSI/OPERASI

  1. Bahan baku dan Bahan Penolong
1.      Bahan Baku
a.       Main powder,                                                  d.   Burger & Hotdog Bun,
b.      Marinade hot,                                                  e.   Fiesta Variety Chicken
c.       Marinade Reguler,
2.      Teknologi Produksi
a.       Peralatan
1)      Peralatan Resto,                                         3)   Peralatan Memasak,
2)      Peralatan Kemasan,                                   4)   Peralatan Makan & Minum
a.       Perlengkapan
1)      Frame Acrilic & Partisi,                             6)   Lampu gantung,
2)      Meja Cashier,                                             7)   Pengecatan,
3)      Meja Hotcase,                                            8)   Wasftafel,
4)      Meja Kerja,                                                9)   Cermin
5)      Meja Sauce,
3.      Alur dan Proses
  1. Deskripsi Teknis Produksi
1.      Nama Produk
a.       Fried Chicken                                                  d.   Burger                                           
b.      Fried Rice                                                        e.   Hotdog
c.       French Fries                                                     f.   Milshake (Strawberry, chocolate, and
     Vanilla Latte, dll.
C.     Kebutuhanbiayaaspekproduksi

1.      BiayaOperasiProduksi (1Tahun)

a.       Upahtenagakerjaproduksi

1)      RFC™ type 50
Seat capasity 20 kursi X 10 jam X Rp.10.000 = Rp.2.000.000 X 50% = Rp.1.000.000/hr
2)      RFC™ type 80
Seat capasity 40 kursi X 10 jam X Rp.10.000 = Rp.4.000.000 X 50% = Rp.2.000.000/hr
3)      RFC™ type 140
Seat capasity 60 kursi X 10 jam X Rp.10.000 = Rp.6.000.000 X 50% = Rp.3.000.000/hr

D.     TeknologiProduksi

1.      Alurdan system produksi
a.       Presentasi Franchise RFC™
b.      Form Of Interest & Form Survey
c.       Survey lokasi&kelayakan
d.      Penandatanganan MOU franchise di Notaris
e.       Franchise Fee 30% :
1)      Business Plan, BEP & ROI
2)      ProteksiLokasi Franchisee
3)      Legalisasi MOU Notaris
4)      Sertifikasi Franchisee
5)      CD SOP & Design
6)      Franchisee name card, Owner ID Card
f.       Investment Fee 70% :
1)      Promosi Outdoor & Indoor : Fasade, Neonbox, Pool, Menu, Spanduk, Brosur, Poster, Wall Paper, Frame Sticker
2)      Perlengkapan : Frame Acrilic&Partisi, Meja Cashier, MejaHotcase, MejaKerja, Meja Sauce, Lampugantung, Pengecatan, Wasftafel, Cermin
3)      Peralatan : PeralatanResto, PeralatanKemasan, PeralatanMemasak, PeralatanMakan&Minum
4)      Bahan Baku Awal : Main powder, Marinade hot, Marinade Reguler, Burger & Hotdog Bun, Fiesta Variety Chicken
5)      Seragam crew : Crew Shirt, Polo & Apron
6)      Training System : Recruitment & Training Crew RFC
7)      Pendampingan : KartuUndangan / Voucher / RFC Card / Test Panel/ BungaPapan




BAB VI
ASPEK KEUANGAN

  1. Proyeksi Keuangan Perusahaan
  1. Struktur Pembiayaan Perusahaan (Pemodalan)
1.      Struktur Permodalan (Modal Investasi)
a.       Tipe Investasi
1)      RFCTM KIOS (Tipe 24)
Investasi Rp. 115 Juta* - Indoor 24 m2
2)      RFCTM RUKO (Tipe 50)
Investasi Rp. 150 Juta* - Indoor 50 m2
3)      RFCTM MINI CAFE (Tipe 80)
Investasi Rp. 180 Juta* - Indoor 80 m2
4)      RFCTM RESTO (Tipe 140)
Investasi Rp. 240 Juta* - Indoor 140 m2
* Nilai investasi tersebut diatas adalah investasi minimal. Nilai investasi dapat menjadi lebih besar menyesuaikan dengan luas aktual lokasi, perbedaan harga bahan didaerah, perbaikan tempat yang belum siap dan penambahan-penambahan yang perlu.
2.      Pembiayaan produksi dan Operasi (Modal Kerja)
a.  Simulasi BEP RFC™
1)  RFC™ type 50
Sales omzet 30.000.000/bln Profit 30% = 9.000.000/bln BEP/ROI blnke 13
3)      RFC™ type 80
Sales omzet 60.000.000/bln Profit 30% = 18.000.000/bln BEP/ROI blnke 11
4)      RFC™ type 120
Sales omzet 90.000.000/bln Profit 30% = 27.000.000/bln BEP/ROI blnke 10












BAB VII
PENUTUP

  1. Kesimpulan
Jenis usaha yang akan didirikan adalah menciptakan suatu produk yang berupa makanan dan minuman, selain itu juga melayani permintaan pemesanan makanan dan minuman yang ada di Rocket Fried Chicken™ (RFC™). Memang sederhana, namun kemampuan dan kreatifitas yang kita miliki akan mampu bersaing dengan perusahaan lain.
Dengan strategi pemasaran usahakecil, jaringan yang luas serta didukung dengan produk yang mempunyai nilai kedekatan psikologis, maka dipastikan usaha ini layak dan akan jelas kelangsungan hidup usahanya. Keuntungan yang tidak mengecewakan bagi usaha kecil seperti ini akan memberi jaminan bagi kelangsungan usaha dan tenaga kerja.
Perluasan jaringan pun akan sangat membantu manakala perusahaan mengalami penurunan keuntungan. Tak kalah pentingnya ciri khas produk dan inovasi juga sangat berperan dalam menghasilkan keuntungan yang lebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar