BAB I
PENDAHULUAN
ROCKET FRIED CHICKEN adalah
Perusahaan Waralaba/Franchise yang bergerak di Bidang Fast Food Restaurant,
dengan produk unggulan, fried chicken, Burger, Steak dan berbagai jenis makanan
dari bahan dasar ayam. Dengan konsep menyajikan makanan yang sehat,
berkualitas,halal,dengan cita rasa yang khas, harga terjangkau bagi semua
kalangan masyarakat yang diolah dangan bumbu pilihan.
Rocket Fried Chicken™ (RFC™)
pertama kali didirikan di Bandung pada tanggal 9-9-2009 oleh Bhakti Desta Alamsyah,
Irman Kustiadi, serta Rebecca Indyani telah terbukti menjadi perusahaan
waralaba kuliner ayam goreng yang terkemuka di Indonesia dengan mendapat gelar
sebagai “The Fastest Growing Franchise Fried Chicken Resto 2011” dari Majalah
Info Franchise dan terbukti berkembang terus hingga kini telah 115 store di
seluruh Indonesia, tersebar dari pulau terluar di Indonesia yaitu Natuna
kemudian provinsi terujung Aceh, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi Nusa
Tenggara hingga pulau Buru Maluku.
sesuai perkembangan dan banyaknya
permintaan Rocket Fried Chicken membuka kesempatan bagi pengusaha-pengusaha
baru dengan modal yang terjangkau untuk memiliki suatu usaha bidang makanan
yang dapat dikelola oleh perorangan atau berbadan hukum dengan system kemitraan
atau Franchise.
Dalam rangka pengembangan
bisnisnya, Rocket Fried Chicken™ membuka peluang kemitraan waralaba (franchise)
resto fried chicken karya 100% Indonesia bercitarasa dunia yang menyajikan
fried chicken ala American, Korean, Japanese, Chinese bahkan Taiwan disajikan
dengan minuman ringan, juice, bubble, coffee, tea & ice cream / blended.
Investasi terjangkau dengan profit 30%. Info: CV.Rocket Fried Chicken, GATEWAY
Tower SC.GF-03 Jl.Jendral Ahmad Yani No.669 Bandung 40125, WA:087824588881
BB:27792999E:rfc_indonesia@rocketmail.comT:@RFC_ INDONESIA
W:http://www.rocketfriedchicken.co.id
Dengan membidik pangsa pasar
seluruh kalangan lapisan masyarakat sehingga bisa didirikan hingga ke
daerah-daerah dengan didukung system Manajemen yang telah teruji menjadikan Rocket
Fried Chicken sebagai usaha yang mempunyai Brand Awarnes tinggi, prospektif,
dan marketable.
BAB II
RINGKASAN PROYEK
- Profil Usaha
1.
Nama
Perusahaan
a.
Nama
Perusahaan : ROCKET
FRIED CHICKEN (RFC™)
PT. Bandung Era Sentra
Talenta
b.
Logo
perusahaan :
No. Hp : ☎ (022) 733.2147
Pin BBM:2B175D33
d.
Alamat
Kantor Pusat : GATEWAY Tower SC.GF-03 Jl.Jendral
Ahmad Yani No.669
Bandung 40125
e.
Bidang
Usaha/Kategori Produk : Food & Bavarage
f.
Sifat
Usaha/Line Of Business : Fast Food Restaurant
2.
Nama
Pemilik Perushaan
a.
Nama
Pemilik : Bhakti Desta Alamsyah
bhakti.alamsyah@facebook.com
No. Hp : 08122488881
08989088881
087824588881
c.
Alamat
Pemilik : Gateway Tower, SC.GF-03 Jl. Jendral
Ahmad Yani
669, Bandung, Indonesia.
3.
Gambaran
Singkat Proyek
Rocket
Fried Chicken™ (RFC™) adalah perusahaan chicken resto 100% asli Indonesia,
dengan filosofi bisnis “Lezat Melesat” ditandai icon “roket” dengan dominasi
warna “merah” pada logo brand-nya. Bernaung di bawah PT. BEST (Bandung Era
Sentra Talenta) yang bergerak dibidang business dan melayani kebutuhan industri
makanan di Indonesia.
Rocket
Fried Chicken™ (RFC™) memiliki USP dan startegi baru resto. Memadukan aneka
sajian daging ayam serta variasi olahan berkualitas dengan kerenyahan yang khas
serta rasa dan aroma yang mengundang selera. Harga yang kompetitif dengan
kombinasi citarasa barat dan timur (french fries – sandwich – sausages dan nasi
goreng – mie – dsb). Disertai aneka minuman shake dan soft drink, fasilitas
free wifi hotspot dan TV cable, program promosi yang menarik serta pelayanan
prima yang mengutamakan kenyamanan pada konsumennya.
Rocket
Fried Chicken™ (RFC™) merupakan bisnis
yang mengandalkan jasa. Sehingga sangat penting untuk berorientasi pada
kepuasaan pelanggan. Mendapatkan pelanggan yang loyal merupakan suatu
keberhasilan bagi bisnis ini. Fundamental dari bisnis RFC IndonesiaTM secara professional tertuju pada jasa
yang diberikan, target customer, franchisee, dan nilai investasi.
Rocket
Fried Chicken™ (RFC™) didirikan di Bandung pada tanggal 9 bulan 9 tahun 2009
oleh Bhakti Desta Alamsyah, Rebecca Indyani serta Irman
Kustiadidengan
Visi dan Misi menjadi perusahaan waralaba kuliner ayam goreng yang terkemuka di
Indonesia yang menyajikan 100% karya kuliner Indonesia dengan citarasa mendunia
memiliki slogan usaha RFC Lezat Melezat.
RFC™
INDONESIA, menawarkan peluang kemitraan (franchisee) resto fried chicken yang
menyajikan fried chicken, french fries, burger, hotdog, spaghetti hingga steak
disajikan dengan minuman ringan, juice & iced blended. Investasi ringan
dengan profit istimewa.
a.
Visi
dan Misi Rocket Fried Chicken IndonesiaTM sebagai perusahaan Chicken
Resto asli Indonesia adalah sebagai berikut:
1)
menjadi
perusahaan waralaba kuliner ayam goreng yang terkemuka di Indonesia yang
menyajikan 100% karya kuliner Indonesia dengan citarasa mendunia memiliki
slogan usaha RFC Lezat Melezat.
2)
Company
Menguntungkan investor.
3)
Employee
Peningkatan kemampuan
serta lelang jenjang karir untukpara karyawan.
Memberi wahana berkumpul
dan kegiatan yang nyaman.
4)
Development
Mengembangkan RFC
Indonesia TM sebagai
franchise yang maju
5)
Brand
Awareness
Menambah outlet dan men
ingkatkan imagesnya
6)
Service
Excelent
Menjadi yang terbaik
dalam pelayanan jasa bidang ayam dan restoran.
b.
Keunggulan
Rocket Fried Chicken
IndonesiaTM memberikan nilai lebih dalam rangka peningkatan kualitas
bisnis, berikut diantaranya:
1)
Pelayanan
prima dan sajian ayam kualitas terbaik dengan harga sangat terjangkau.
2)
Program
promosi dan indoor games yang menarik.
3)
Sajian
makanan yang bervariasi dengan kombinasi western dan eastern.
4)
Free
wifi hortspot serta saluran cable TV.
c.
Faktor
Pendukung
1)
Memberikan
pelayanan yang terbaik bagi konsumen.
2)
Kualitas
komunikasi dalam menjalin hubungan dengan konsumen
3)
Beragam
variasi menu dan produk Yng ditawarkan pada konsumen.
4)
Menjadi
yang terbaik dalam layanan dan produk fried chicken sejenis.
d.
Benefit
1)
Kontrak
kerjasama franchise RFC INDONESIATM dengan pengesahan Notaris.
2)
Berhak
menggunakan mererk RFC INDONESIATM selama 5 tahun.
3)
Standard
Operational Procedure (SOP) RFC INDONESIATM .
4)
Quality
control dan maintenance.
5)
Peralatan
outlet.
6)
Paket
promosi.
7)
Bahan
baku operasional awal.
8)
Seragam
RFC INDONESIATM .
9)
Design
interior RFC INDONESIATM.
10)
Training
teknis masak, pelayanan, penjualan, promosi, adminitrasi dan pembukuan.
11)
Pendampingan
pada saat operasional awal selama 1 (satu) bulan.
e.
Keahlian
1)
Keahlian
chef/koki/juru masak RFC INDONESIATM mampu
menyajikan bermacam-macam olahan ayam yang lezaat dan menarik.
2)
Kombinasi makanan terbaik dari
timur dan barat dari ayam goreng hingga french fries.
3)
Sajian menu-menu bervariasi
(dijelaskan pada bab aspek teknis produksi/operasi)
4)
Suasana cafe yang nyaman dan
akrab, diciptakan oleh service crew.
5)
Layanan function untuk gathering,
birthday dan meeting disediakan bagi kebutuham pengunjung
BAB III
ORGANISASI DAN MANAJEMEN
- Organisasi
1.
Legalitas
Usaha
a.
Bentuk/Badan
Hukum Usaha
1)
Business
Plan, BEP & ROI
2)
Proteksi
Lokasi Franchisee
3)
Legalisasi
MOU Notaris
4)
Sertifikasi
Franchisee
5)
CD
SOP & Design
6)
Franchisee
name card, Owner ID Card
b.
Perizinan
Usaha
1)
Sertifikasi
halal :
·
Pengisian
formulir
·
Lampiran
kandungan mutu produk
·
Suat
pernyataan menerima tim pemeriksa (audit)
2)
Legalisasi
MOU Akte Notaris
3)
Sertifikasi
HAKI Franchise
4)
Hak
Penggunaan SOP
5)
Hak
Penggunaan Design
6)
Surat
tanda pendaftaran waralaba
7)
STPW
2.
Struktur
Organisasi
a.
Komisaris
Utama : Bhakti Desta Alamsyah
b.
Komisaris : Irman Kustiadi
Rebecca
Ayu Indyani
c.
Direktur
Utama : Derry Arief Muslim S.Sn
d.
Wakil
Direktur : Andy
Subarkah S.Sn
e.
Manager
Marcomm : Reno Syahdin S.Kom
f.
Master
Trainer : Diki Nata
(Chef)
g.
Arsitek
& Interior : Firmansyah ST
h.
Graphic
Designer : Yanarto & Yudha
i.
Notaris : Maureen
Isabelina Mualim, SH, M.Hum,
j.
Kuasa
Hukum : Freddy Panggabean, SH
k.
Manager
Logistik : Andy Subarkah
l.
Manager
Marcomm : Reno Syahdin
m.
Manager
Promo : Indra Banyu
n.
Manager
Project : Tubagus Adji
- Manajemen
Usaha ini
di jalankan disekitar lingkungan yang mudah di kunjungi oleh masyarakat yaitu
berlokasikan di pasar tradisional, pinggiran jalan, dan tempat-tempat strategis
lainnya. Usaha ini menggunakan 3 orang tenaga kerja bantuan (karyawan) 2
diantaranya sebagaipembuat masakan, 1 orang lagi sebagai menghidangkan dan
pembersih meja, sedangkan 1 orang lainnya untuk pembersih seperti menyapu,
mengepel dan bersih-bersih piring dan gelas.
Pelayanan yang disediakan
bisa datang secara langsung, menelephone ataupun melalui via online, karena
makmur konveksi juga menggunakan pelayanan melalui dunia maya atau internet
dengan cara pembayaran yaitu via transfer dan barang via jasa pengiriman.
1.
Struktur organisasi di Rocket
Fried Chicken:
2.
Tugas
Organisasi Rocket Fried Chicken
a.
Komisaris
Utama
Melakukan pengawasan secara umum
dan/atau khusus sesuai dengan anggaran dasar serta memberi nasihat kepada
Direksi.
b.
Komisaris
Komisaris wajib melakukan
pengawasan terhadap kebijakan Direksi dalam menjalankan Rocket Fried Chicken
serta memberi nasihat keapada Direksi. Fungsi pengawasan dapat dilakukan oleh
masing-masing Anggota Komisaris namun keputusan pemberian nasihat dilakukan
atas nama Komisaris secara Kolektif (sebagai Board).
c.
Direktur
Utama
Mengkoordinasikan dan mengendalikan
kegiatan-kegiatan dibidang administrasi keuangan, kepegawaian dan
kesekretariatan. Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan pengadaan dan
peralatan perlengkapan. Merencanakan dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan
serta pembelanjaan dan kekayaan Rocket Fried Chicken.
d.
Wakil
Direktur Utama
Membantudirekturdalampembinaandisiplinpegawai,
Memimpinmobilisasipegawaidalampelaksanaankegiatanumum yang
menyangkutkebersihan, kerapianareal danperawatan/ perbaikaninstalasiusaha,mengkoordinasimanajer-manajerbidangdalammenjalankanfungsinya.mengkoordinasimanajerpengkaderandalampeningkatankualitasdankuantitasanggota,membantudirekturdalammenjalankantugas-tugasnya.
e.
Manajer
Manajer harusmembina bawahannya
agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.Manajer harus membenahi
fungsi-fungsi fundamental manajemen secara baik.Manajer harus mewakili dan
membina hubungan yang harmonis dengan pihak luar.
f.
Arsitek
& Interior
Menata letak bangunan-bangunan
yang memiliki keterikatan fungsi dalam sebuah site dan mendesain site tersebut.Mengolah
tata ruang sebuah bangunan. Menentukan
konsep desain interior sebuah bangunan (termasuk perletakan furniturenya, dll).
g.
Graphic
Designer
Menjadi pemecah masalah (problem
solver) untuk kebutuhan komunikasi dalam bentuk visual. Misal ada sebuah proyek
untuk membuat poster sebuah restoran ayam panggang. Si klien menginginkan
produknya tampak menarik, enak dan mengundang selera. Desainer grafis
bertanggung jawab untuk mewujudkan komunikasi verbal tersebut menjadi sebuah
karya komunikasi visual agar pesan tersebut lebih mudah diterima konsumen dan
tentu saja mencitrakan rasa enak, lezat dari produk restoran tersebut.
h.
Master
Trainer
Keterampilanmenganalisiskebutuhan, keahliandalambidang yang dilatihkan, keahlianmembangun personal branding, keahlianpresentasidanpublic speaking, keahliandalambepikirkreatifdaninovatif.
i.
Marketing
Bertugas untuk menentukan barang atau produk apa
yang akan dijual, menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas dan kuantitas
barang, menentukan barang tersebut akan dijual kesegmen pasar ang bagaimana,
dan menentukan media promosi apa yang digunakan yang mampu menarik minat
konsumen.
j.
Supervisor
Menyampaikan kebijakan yang
disampaikan oleh jabatan di atasnya kepada seluruh bawahan dan groupnya, mengatur kelompok kerja
pada grup yang dipegangnya, memberikan
tugas pada subordinatenya, melaksanakantugas, proyek, danpekerjaansecaralangsungmemberikan
training pada subordinate
k.
Crew/Karyawan
Untukmelaksanakantugasdariatasan,
orang yang melayanipelanggan, orang yang membersihkantoko franchise, menyapu,
mengepel, mencucipiringdangelas
BAB IV
ASPEK PEMASARAN
- Deskripsi/Gambaran Rocket Fried Chicken
1.
Wilayah/Daerah
Pemasaran
a.
GATEWAY
Tower & Apartement SC.GF-06, Jl Jend Ahmad Yani No.669, Bandung 40282
b.
Aceh m. Bekasi
c.
Bandung n. Pemalang
d.
Batam
o. Jakarta
e.
Bima
p. Kendal
f.
Blora
q. Solo
g.
Bogor
r. Klaten
h.
Ungaran s. Semarang
i.
Brebes
t. Medan
j.
Cianjur u. Surabaya
k.
Cirebon
Cibitung Cilacap v. Malang
l.
Tanggerang w. Bekasi
2.
Nama
Produk yang dipasarkan
3. SistemSaluranDistribusi
di wilayahpemasaran
a. Promosi
Dalam
bisnis ini, langkah awal pemasarannya adalah dengan membuatPromosi
Outdoor & Indoor : Fasade, Neonbox, Pool, Menu, Spanduk, Brosur, Poster,
Wall Paper, Frame Stickerbrosur-brosur yang disertakan kontak person dan disebarkan
kesekolahsekolah dan tempat umum lainnya, selain itu untuk promosi kami
sediakan 1 buah jenis barang pada setiap lokalisasi yang kami sebarkan brosur
(info tentang produk).
Pendapatan Sales RFC™
1) RFC™ type
50
Seat capasity 20kursi X 10 jam X Rp.10.000 = Rp.2.000.000
X 50% = Rp.1.000.000/hr
2) RFC™ type
80
Seat capasity 40 kursi X 10 jam X Rp.10.000 =
Rp.4.000.000 X 50% = Rp.2.000.000/hr
3) RFC™ type
140
Seat capasity60 kursi X 10 jam X Rp.10.000 = Rp.6.000.000
X 50% = Rp.3.000.000/hr
BAB V
ASPEK TEKNIS PRODUKSI/OPERASI
- Bahan baku dan Bahan Penolong
1.
Bahan
Baku
a.
Main
powder, d. Burger & Hotdog Bun,
b.
Marinade
hot, e. Fiesta Variety Chicken
c.
Marinade
Reguler,
2.
Teknologi
Produksi
a.
Peralatan
1)
Peralatan
Resto, 3) Peralatan Memasak,
2)
Peralatan
Kemasan, 4) Peralatan Makan & Minum
a.
Perlengkapan
1)
Frame
Acrilic & Partisi, 6) Lampu gantung,
2)
Meja
Cashier, 7) Pengecatan,
3)
Meja
Hotcase, 8) Wasftafel,
4)
Meja
Kerja, 9) Cermin
5)
Meja
Sauce,
3.
Alur
dan Proses
- Deskripsi Teknis Produksi
1.
Nama
Produk
a.
Fried
Chicken d. Burger
b.
Fried
Rice e. Hotdog
c.
French
Fries f. Milshake (Strawberry, chocolate, and
Vanilla
Latte, dll.
C. Kebutuhanbiayaaspekproduksi
1. BiayaOperasiProduksi
(1Tahun)
a. Upahtenagakerjaproduksi
1) RFC™ type
50
Seat capasity 20 kursi X 10 jam X Rp.10.000 =
Rp.2.000.000 X 50% = Rp.1.000.000/hr
2) RFC™ type
80
Seat capasity 40 kursi X 10 jam X Rp.10.000 =
Rp.4.000.000 X 50% = Rp.2.000.000/hr
3) RFC™ type
140
Seat capasity 60 kursi X 10 jam X Rp.10.000 =
Rp.6.000.000 X 50% = Rp.3.000.000/hr
D.
TeknologiProduksi
1. Alurdan
system produksi
a. Presentasi
Franchise RFC™
b. Form Of
Interest & Form Survey
c. Survey
lokasi&kelayakan
d. Penandatanganan
MOU franchise di Notaris
e. Franchise
Fee 30% :
1) Business
Plan, BEP & ROI
2) ProteksiLokasi
Franchisee
3) Legalisasi
MOU Notaris
4) Sertifikasi
Franchisee
5) CD SOP
& Design
6) Franchisee
name card, Owner ID Card
f. Investment
Fee 70% :
1) Promosi
Outdoor & Indoor : Fasade, Neonbox, Pool, Menu, Spanduk, Brosur, Poster,
Wall Paper, Frame Sticker
2) Perlengkapan
: Frame Acrilic&Partisi, Meja Cashier, MejaHotcase, MejaKerja, Meja Sauce,
Lampugantung, Pengecatan, Wasftafel, Cermin
3) Peralatan
: PeralatanResto, PeralatanKemasan, PeralatanMemasak, PeralatanMakan&Minum
4) Bahan
Baku Awal : Main powder, Marinade hot, Marinade Reguler, Burger & Hotdog Bun,
Fiesta Variety Chicken
5) Seragam
crew : Crew Shirt, Polo & Apron
6) Training
System : Recruitment & Training Crew RFC
7) Pendampingan
: KartuUndangan / Voucher / RFC Card / Test Panel/ BungaPapan
BAB VI
ASPEK KEUANGAN
- Proyeksi Keuangan Perusahaan
- Struktur Pembiayaan Perusahaan (Pemodalan)
1.
Struktur
Permodalan (Modal Investasi)
a.
Tipe
Investasi
1)
RFCTM
KIOS (Tipe 24)
Investasi Rp. 115 Juta* - Indoor 24 m2
2)
RFCTM
RUKO (Tipe 50)
Investasi Rp. 150 Juta* - Indoor 50 m2
3)
RFCTM
MINI CAFE (Tipe 80)
Investasi Rp. 180 Juta* - Indoor 80 m2
4)
RFCTM
RESTO (Tipe 140)
Investasi Rp. 240 Juta* - Indoor 140 m2
* Nilai investasi tersebut
diatas adalah investasi minimal. Nilai investasi dapat menjadi lebih besar
menyesuaikan dengan luas aktual lokasi, perbedaan harga bahan didaerah,
perbaikan tempat yang belum siap dan penambahan-penambahan yang perlu.
2.
Pembiayaan
produksi dan Operasi (Modal Kerja)
a. Simulasi BEP RFC™
1) RFC™ type 50
Sales omzet 30.000.000/bln Profit 30% = 9.000.000/bln BEP/ROI blnke 13
3) RFC™ type
80
Sales omzet 60.000.000/bln Profit 30% = 18.000.000/bln BEP/ROI blnke 11
4) RFC™ type
120
Sales omzet 90.000.000/bln Profit 30% = 27.000.000/bln BEP/ROI blnke 10
BAB VII
PENUTUP
- Kesimpulan
Jenis usaha yang akan didirikan
adalah menciptakan suatu produk yang berupa makanan dan minuman, selain itu juga
melayani permintaan pemesanan makanan dan minuman yang ada di Rocket Fried Chicken™
(RFC™). Memang
sederhana, namun kemampuan dan kreatifitas yang kita miliki akan mampu bersaing
dengan perusahaan lain.
Dengan strategi pemasaran
usahakecil, jaringan yang luas serta didukung dengan produk yang mempunyai
nilai kedekatan psikologis, maka dipastikan usaha ini layak dan akan jelas
kelangsungan hidup usahanya. Keuntungan yang tidak mengecewakan bagi usaha
kecil seperti ini akan memberi jaminan bagi kelangsungan usaha dan tenaga
kerja.
Perluasan jaringan pun akan sangat
membantu manakala perusahaan mengalami penurunan keuntungan. Tak kalah
pentingnya ciri khas produk dan inovasi juga sangat berperan dalam menghasilkan
keuntungan yang lebih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar